Kota Semarang , Jawa Tengah MENOREH TENGAH X / 22
WA 085100785578WA 085100785578 Hubungi Kami
pmb@unwahas.ac.id email pmb unwahas
Kode prodi seo : 0301







Profile Program Studi Teknik Mesin

Informasi Profil Program Studi Teknik Mesin

AKREDITASI PROGRAM STUDI :
Akreditasi B berdasarkan keputusan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 18 Februari 2016. Keputusan BAN-PT nomor 0084/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2016 berisi tentang berlakunya akreditasi Program Studi Teknik Mesin Universitas Wahid Hasyim selama 5 (lima) tahun. Gelar lulusan berhak menyandang S.T. (Sarjana Teknik) di belakang nama. Izin penyelenggaraan dan statusnya terdaftar dalam surat keputusan Menteri Pendidikan nasional Republik Indonesia dengan nomor 124/D/O/2000.
Tujuan Program Pendidikan (Educational Aims of the Program) :

Materi yang dipelajari (Course Content) :
Materi yang dipelajari a) Bidang Energi: Mesin Konversi Energi, Termodinamika, Perpindahan Panas, Energi Terbarukan; b) Bidang Gaya dan Gerak: Statika, Kinematika, Dinamika, Mekanika Fluida, Mekanika Kekuatan Material, Sistem Pneumatik dan Hidrolik; c) Bidang Material: Kimia Teknik, Material Teknik, Metalurgi Fisik, Keramik, Komposit; d) Bidang Produksi / Manufaktur: Gambar Mesin, Proses Produksi, CAD/CAM, Elemen Mesin, Tugas Rancang Bangun Teknologi Tepat Guna, dll.
Profil Perencanaan Lulusan (Graduate Profile) :

Kompetensi Lulusan:

Metode pembelajaran dan Asesmen (learning method dan asesment): ::
Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dengan model tatap muka baik dalam kelas maupun dalam jaringan, praktik laboratorium, praktik industri, proyek independen dan tugas rancang bangun. Penilaian mengacu pada tugas terstruktur, tugas kelompok, ujian teori maupun praktik, lisan juga tulisan.
Struktur dan Persyaratan Program (Program Structure and Requirement) : ::

Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa (Support for Student) : ::
Pelayanan, pendampingan dan pembelajaran di bidang akademik dan informasi umum dengan fasilitas memadai berupa a) ruang kelas, b) laboratorium komputer, perancangan, material, energi, & proses produksi c) wadah untuk berkreasi yang dikelola Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin; seperti club otomotif (KMHE), aeromodelling (KRTI), olahraga (futsal, bola, badminton), dll, d) pusat bahasa dan pelatihan, e) perpustakaan.
Kebijakan dan Prasyarat Admisi (Admission Policy, Criteria and Procedure) : ::
Lulusan SMA / MA / SMK yang mendaftar melalui sistem penerimaan mahasiswa baru pada laman pmb.unwahas.ac.id. Persyaratan pendaftaran berupa dokumen cetak atau salinan meliputi: a) Ijazah atau surat keterangan lulus b) Rapor per semester untuk calon mahasiswa baru c) Transkrip nilai untuk mahasiswa transfer d) Surat keterangan atau sertifikat kegiatan dan prestasi e) KTP, KK, dan data diri penting lainnya.
Profil Lulusan (Graduate Profile) : ::