Kota Semarang , Jawa Tengah MENOREH TENGAH X / 22
WA 085100785578WA 085100785578 Hubungi Kami
pmb@unwahas.ac.id email pmb unwahas
Kode prodi seo : 0302







Profile Program Studi Teknik Kimia S1

Informasi Profil Program Studi Teknik Kimia S1

AKREDITASI PROGRAM STUDI :
Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 18 Februari 2016. Keputusan BAN-PT nomor 0084/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2016 berisi tentang berlakunya akreditasi Program Studi Teknik Mesin Universitas Wahid Hasyim selama 5 (lima) tahun. Gelar lulusan berhak menyandang S.T. (Sarjana Teknik) di belakang nama. Izin penyelenggaraan dan statusnya terdaftar dalam surat keputusan Menteri Pendidikan nasional Republik Indonesia dengan nomor 124/D/O/2000.
Tujuan Program Pendidikan (Educational Aims of the Program) :
Tujuan Program Studi Teknik Kimia Unwahas adalah : a. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan teknik kimia yang berkualitas untuk mencetak sarjana teknik kimia yang bertakwa dan berbudaya, profesional, berkarakter serta mampu berwirausaha b. Menyelenggarakan, mengembangkan, menerapkan dan mempublikasikan hasil penelitian berbasis kearifan lokal c. Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian pada masyarakat berbasis kearifan lokal dari hasil-hasil penelitian d. Menjadi mitra melalui kerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan industri dalam menyelesaikan persoalan-persoalan dibidang teknik kimia e. Melaksanakan Good Governance dalam pengelolaan jurusan
Materi yang dipelajari (Course Content) :
Jurusan Teknik Kimia Unwahas merupakan salah satu jurusan yang ada di bawah fakultas teknik saat ini menyelenggarakan pendidikan program strata 1 (S1). Kurikulum program S1 Teknik Kimia Unwahas setara dengan 145 SKS (satuan kredit semester) yang diprogramkan dalam 8 semester (4 tahun). Program S1 Jurusan Teknik Kimia menawarkan 2 konsentrasi yaitu Konsentrasi pangan dan limbah. Kurikulum pendidikan Jurusan Teknik Kimia selalu disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kebutuhan pasar kerja. Paling lama setiap 5 tahun Kurikulum Jurusan Teknik Kimia akan ditinjau ulang. Jurusan Teknik Kimia memiliki 9 dosen tetap lulusan berbagai universitas ternama. Jurusan Teknik Kimia telah menghasilkan jaringan alumni yang kini bekerja di berbagai perusahaan/institusi yang tersebar di seluruh Indonesia, meliputi: petrokimia, makanan, semen, perminyakan, pupuk, farmasi, perbankan, perdagangan bahan kimia dan sebagainya.
Profil Perencanaan Lulusan (Graduate Profile) :

Kompetensi Lulusan:
Kompetensi lulusan Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang adalah sebagai berikut: A. Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding) 1. Memahami sains dasar, yaitu matematika, fisika, kimia dan biologi 2. Memahami konsep-konsep fundamental Teknik Kimia (Chemical Engineering Fundamentals) dan penerapannya 3. Memahami prinsip-prinsip proses kimia 4. Memahami prinsip-prinsip peralatan industri kimia 5. Memahami konsep-konsep perancangan proses-proses kimia dan peralatan industri B. Keterampilan Intelektual (Intelectual Skill) 1. Menguasai perancangan proses kimia 2. Menguasai perancangan alat proses industri kimia 3. Menguasai perancangan dan pelaksanaan eksperimen, serta interpretasi data C. Keterampilan Praktis (Practical Skill) 1. Mampu menggunakan komputer dalam bidang teknik kimia, teknologi informasi dan jurnalistik. 2. Mampu melakukan kegiatan kewirausahaan dengan baik 3. Mampu melakukan kegiatan sampling dan analisis berbasis kimia di laboratorium D. Keterampilan Manajerial dan Sikap (Managerial Skill and Attitude) 1. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab profesional. 2. Mampu berkomunikasi secara efektif 3. Mengerti dampak penyelesaian teknik kimia dalam konteks masyarakat 4. Mengerti isu-isu keteknikkimiaan yang sedang berkembang 5. Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi 6. Mampu untuk mengembangkan diri, dan berkemauan belajar semur hidupserta berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional. 7. Mampu bekerja sama dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya
Metode pembelajaran dan Asesmen (learning method dan asesment): ::

Struktur dan Persyaratan Program (Program Structure and Requirement) : ::

Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa (Support for Student) : ::

Kebijakan dan Prasyarat Admisi (Admission Policy, Criteria and Procedure) : ::

Profil Lulusan (Graduate Profile) : ::
Sikap dan Tata Nilai 1. Bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa 2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia. 3. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya. 4. Menghargai keanekragaman budaya, budaya , pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain. 5. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas. 6. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab profesional. 7. Mampu untuk mengembangkan diri, dan berkemauan belajar semur hidup serta berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional. Kemampuan Kerja 1. Mampu merancang dan melaksanakan proses berdasarkan prinsip teknik kimia (perubahan bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah melalui proses fisika, kimia dan biologi secara aman, ramah lingkungan dan ekonomis) dengan memanfaatkan metode, teknik dan instrumen rekayasa modern. 2. Mampu merancang experiment dan interpretasi data melalui pelaksanaan sampling dan analisa data berbasis kimia di laboratorium kimia. 3. Mampu melakukan analisa peluang wirausaha serta merancang kegiataan kewirausahaan berbasis bidang yang berhubungan dengan teknik kimia. Penguasaan Pengetahuan 1. Menguasai prinsip-prinsip matematika, fisika, kimia dan biologi untuk dapat berperan sebagai tenaga ahli yang menangani masalah teknik kimia. 2. Menguasai konsep-konsep fundamental teknik kimia serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan dalam bidang teknik kimia. Kemampuan Manajerial 1. Mampu bekerja sama dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. 2. Mampu memahami isu-isu keteknikimiaan yang sedang berkembang serta mampu memberikan pilihan solusi permasalahan dalam bidang teknik kimia dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.