Kota Semarang , Jawa Tengah MENOREH TENGAH X / 22
WA 085100785578WA 085100785578 Hubungi Kami
pmb@unwahas.ac.id email pmb unwahas
Kode prodi seo : 0605







Profile Program Studi PGMI

Informasi Profil Program Studi PGMI

AKREDITASI PROGRAM STUDI :
akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 11 Agustus 2020. Keputusan BAN-PT nomor: 4609/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VIII/2020 berisi tentang berlakunya akreditasi Program Studi Pendidikan Guru MI Universitas Wahid Hasyim selama 5 (lima) tahun. Gelar lulusan berhak menyandang S.Pd. (Sarjana Pendidikan) di belakang nama. Izin penyelenggaraan dan statusnya terdaftar dalam Keputusan Dijen Binbaga Depag RI nomor: Dj.I/494/2007 tanggal 17 Desember 2007
Tujuan Program Pendidikan (Educational Aims of the Program) :
Tujuan Mengembangkan Program Studi sebagai pusat pencetak guru SD/MI yang unggul, berbasis IPTEK dan Kebudayaan Islam. 1. Mengembangkan Program Studi sebagai pusat pencetak guru SD/MI yang unggul, berbasis IPTEK dan Kebudayaan Islam 2. Meningkatkan kualitas pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. 3. Meluluskan 90% mahasiswa dengan Indeks prestasi komulatif di atas 3, 4. Menciptakan iklim akademik yang kondusif mendukung cepatnya masa studi mahasiswa maksimal 9 semester. 5. Mencetak lulusan sesuai dengan kebutuhan stakeholders. 6. Meningkatkan kuantitas dan daya saing mahasiswa dalam pengembangan minat, bakat dan kreatifitas. 7. Menumbuhkan semangat dosen dalam melakukan penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah. 8. Menciptakan iklim kerja yang disiplin dan penuh tanggungjawab. 9. Keterlibatan aktif dosen dalam mengikuti seminar, workshop pelatihan di tingkat nasional maupun internasional. 10. Mendukung dan Memfasilitasi dosen untuk mengikuti studi lanjut program doktor. 11. Memperluas jejaring kelembagaan atau mitra kerjasama di bidang pendidikan, pengajaran dan pengabdian masyarakat. 12. Berpartisipasi secara aktif pada Perkumpulan Dosen PGMII Se-Indonesia
Materi yang dipelajari (Course Content) :

Profil Perencanaan Lulusan (Graduate Profile) :

Kompetensi Lulusan:

Metode pembelajaran dan Asesmen (learning method dan asesment): ::
Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dengan model tatap muka baik dalam kelas maupun dalam jaringan, praktik laboratorium, praktik pengalaman lapangan dan praktik mandiri. Penilaian mengacu pada tugas terstruktur, tugas kelompok, ujian teori maupun praktik, lisan juga tulisan.
Struktur dan Persyaratan Program (Program Structure and Requirement) : ::

Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa (Support for Student) : ::

Kebijakan dan Prasyarat Admisi (Admission Policy, Criteria and Procedure) : ::

Profil Lulusan (Graduate Profile) : ::
1 Guru Kelas MI/SD Guru kelas MI yang memiliki kompetensi pedagogic, profesional, individual , dan sosial yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan inovasi-inovasi pendidikan dan/atau pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar/Madrasah Ibtidaiyah. 2 Konsultan Lembaga Pendidikan di MI/SD Konsultan yang memilki keahlian dalam mendesain, merencanakan, dan melaksanakan upaya-upaya menuju keberhasilan pendidikan dasar. 3 Peneliti di bidang Pendidikan dasar Peneliti muda yang produktif dalam pendidikan dasar SD/MI dan yang sederajat, mengkaji permasalahan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah dan mempublikasikan hasilnya dalam forum 4 Praktisi Pendidikan Praktisi yang konsen dalam bidang pendidikan, baik dalam bidang pengajaran dan menciptakan perangkat yang mendukung keberhasilan pembelajaran di MI/SD 5 Konselor Anak Konselor anak yang memiliki kemampuan dalam memberikan bimbingan belajar, perkembangan pola asuh anak 6 Enterpreuner di bidang pendidikan Wirausahawan dalam bidang pendidikan dasar dari aspek teknologi, strategi maupun media pembelajaran bagi pendidikan dasar anak MI/SD, pembimbing, pembina ekstra kulikuler, instruktur/tutor lembaga bimbingan belajar pengembang media dan sumber belajar serta pendidik di jalur non formal setara pendidik di MI/SD