Kota Semarang , Jawa Tengah MENOREH TENGAH X / 22
WA 085100785578WA 085100785578 Hubungi Kami
pmb@unwahas.ac.id email pmb unwahas
Kode prodi seo : 0601







Profile Program Studi Pendidikan Agama Islam

Informasi Profil Program Studi Pendidikan Agama Islam

AKREDITASI PROGRAM STUDI :
Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 29 September 2020. Keputusan BAN-PT nomor: 6039/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020 berisi tentang berlakunya akreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Wahid Hasyim selama 5 (lima) tahun. Gelar lulusan berhak menyandang S.Pd. (Sarjana Pendidikan) di belakang nama. Izin penyelenggaraan dan statusnya terdaftar dalam Keputusan Dijen Binbaga Depag RI nomor: E /152/2001 tanggal 29 Mei 2001.
Tujuan Program Pendidikan (Educational Aims of the Program) :
Tujuan 1) Tujuan Jangka Panjang: a. Mengembangkan Program Studi sebagai pusat pencetak guru Pendidikan Agama Islam yang unggul dan kompetitif. b. Menyelenggarakan proses pembelajaran produktif, efektif, efisien, dan berkualitas bagi masyarakat dan mampu menghasilkan lulusan yang bersikap jujur, adil dan pemimpin berkarakter. 2) Tujuan Jangka Pendek: a. Mendukung terciptanya suasana pembelajaran berbasis PAIKEMI GEMBROT ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan, dan Islami, Serta Gembira dan Berbobot) b. Menciptakan suasana akademik yang mendukung masa studi mahasiswa supaya selesai tepat waktu c. Meningkatkan kualitas penelitian bagi mahasiswa d. Menghasilkan lulusan dengan Indeks prestasi kumulatif di atas 3,0 e. Meng-optimalisasikan learning outcomes sesuai kebutuhan stakeholders f. Meningkatkan kompetensi mahasiswa berdasarkan daya saing baik di bidang akademik maupun non akademik g. Memberikan Motivasi kepada Tenaga Pendidik/dosen untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat serta Publikasi Ilmiah h. Menumbuhkan suasana kerja yang disiplin dan berintegritas tinggi i. Mendorong dosen berpartisipasipasi dalam kegiatan, seminar, diklat dan workshop baik dalam kancah nasional maupun internasional j. Memotivasi dan memfasilitasi dosen untuk mengikuti short course dan melanjutkan studi progam doktoral (S3) k. Menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian sebagai realisasi dari tridarma perguruan tinggi l. Berperan aktif dalam perkeumpulam Dosen PAI se-Indonesia
Materi yang dipelajari (Course Content) :

Profil Perencanaan Lulusan (Graduate Profile) :

Kompetensi Lulusan:

Metode pembelajaran dan Asesmen (learning method dan asesment): ::
Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dengan model tatap muka baik dalam kelas maupun dalam jaringan, praktik laboratorium, praktik pengalaman lapangan dan praktik mandiri. Penilaian mengacu pada tugas terstruktur, tugas kelompok, ujian teori maupun praktik, lisan juga tulisan.
Struktur dan Persyaratan Program (Program Structure and Requirement) : ::

Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa (Support for Student) : ::

Kebijakan dan Prasyarat Admisi (Admission Policy, Criteria and Procedure) : ::

Profil Lulusan (Graduate Profile) : ::
1 Pendidik Mata Pelajaran PAI Menjadi Pendidik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Lembaga Formal (SD, SMP/Mts, SMA/MA), dan Non Formal (TPQ, MDA dan sederajadnya), yang memiliki Pengetahuan Luas di bidangnya, berkepribadian luhur, serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan Tugasnya sesuai dengan etika Keilmuan dan Profesi berlandaskan Aswaja. Profil Tambahan 2 Konselor dan Penyuluh Agama Islam Menjadi Pembimbing dan Penyuluh Agama Islam baik di lingkungan Sekolah, Keluarga Maupun Masyarakat Luas, Seta menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Islam Rahmatan lil 'alamin yang pluralis dan multikultural 3 Pengelola Lembaga Pendidikan Islam Mampu Menjadi Pendiri dan Pengelola Lembaga Pendidikan Islam di Lingkungannya dengan semangat Aswaja berdasarkan paradigma Integrasi dan interkoneksi Sains dan Agama 4 Jurnalis Pendidikan Islam Mampu menjadi peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran dan sosial keagamaan serta mampu melaporkan dan mempublikasikan hasil penelitiannya untuk peningkatan mutu pendidikan pada pembelajaran PAI 5 Islamic Edu-Preneur Menjadi akademisi yang mengaktualisasikan makna kemandirian, potensi kreatif dalam kehidupan modern serta mampu mensosialisasikannya dalam bentuk proses pembelajaran yang Islami 6 Guru PAI bertaraf Internasional Mampu Menjadi Pendidik mata Pelajaran PAI yang go Internasional yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Islam Nusantara yang berlandaskan Aswaja an-Nahdhiyyah.