Kota Semarang , Jawa Tengah MENOREH TENGAH X / 22
WA 085100785578WA 085100785578 Hubungi Kami
pmb@unwahas.ac.id email pmb unwahas
Kode prodi seo : 0901







Profile Program Studi Kedokteran

Informasi Profil Program Studi Kedokteran

AKREDITASI PROGRAM STUDI :
Keputusan Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Keseharan Indonesia (LAM-PTKes) nomor 0704/SK/LAM-PTKES/Akr/Sar/X/2018 memutuskan fakultas kedokteran Universitas Wahid Hasyim dengan akreditasi C, berlaku selama 5(lima) tahun. Fakultas kedokteran Universitas Wahid Hasyim mencakup program studi sarjana kedokteran dan profesi dokter. Gelar lulusan strata-1 (S1) berhak menyandang S.Ked. (Sarjana Kedokteran). Lulusan pertama kali sarjana kedokteran pada tahun 2020 setelah menempuh lamanya studi sarjana kedokteran 3,5 tahun dan dilanjutkan gelar Dokter (disingkat dr) setelah menyelesaikan profesi dokter selama 2 tahun.
Tujuan Program Pendidikan (Educational Aims of the Program) :
Program pendidikan yang diselenggarakan oleh Jurusan Sarjana Kedokteran bertujuan : a. Menyiapkan peserta didik menjadi dokter dan tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional untuk dapat bersaing di tingkat nasional dan/ atau internasional. b. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan/teknologi kedokteran dan kesehatan serta mengupayakan penerapannya dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. c. Mengimplementasikan hasil penelitian kedokteran dan kesehatan untuk kemajuan bangsa serta menumbuhkan jiwa enterpreneurship berbasis ilmu pengetahuan/ tehnologi kedokteran dan kesehatan. d. Melaksanakan tata kelola dan kemandirian Fakultas Kedokteran dan Kesehatan yang efisien, akuntabel, transparan, berkeadilan dan terintegrasi antar bidang.
Materi yang dipelajari (Course Content) :

Profil Perencanaan Lulusan (Graduate Profile) :

Kompetensi Lulusan:
Program Studi Pendidikan yang berkualitas pada jenjang S1 sehingga mampu mencetak sarjana yang : a. Menguasai pengetahuan Ilmu-ilmu Kedokteran yang berlandaskan nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah. b. Menguasai tafsir ayat-ayat dan hadits terkait dengan Ilmu Kedokteran. c. Menguasai aspek dan penerapan Ilmu Kedokteran (Ilmu Biomedik Dasar, Ilmu Sosial dan Humaniora Kedokteran, Ilmu Kedokteran dan Keterampilan Klinik, Ilmu kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan/ Kedokyeran Komunitas, Ilmu Pendidikan Kedokteran, dan Ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi). d. Terampil menyusun langkah-langkah Problem Solving (sengketa dengan bidang Kedokteran). e. Menguasai etika-etika Kedokteran.
Metode pembelajaran dan Asesmen (learning method dan asesment): ::
Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dengan model tatap muka baik dalam kelas maupun dalam jaringan, praktik laboratorium, skill Lab, praktik pengalaman lapangan dan praktik mandiri. Penilaian mengacu pada tugas terstruktur, tugas kelompok, ujian teori maupun praktik, lisan juga tulisan.
Struktur dan Persyaratan Program (Program Structure and Requirement) : ::

Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa (Support for Student) : ::
Pelayanan, pendampingan dan pembelajaran di bidang akademik dan informasi umum dengan fasilitas memadai berupa a) Ruang kelas b) Laboratorium Biomedik Dasar, Biomedik Kedokteran, Riset c) Ruang Skill Lab d) Ruang CBT(Computered Based Test) e) Perpustakaan f) Ruang Unit Kesehatan g) Ruang Teater h) Wadah diskusi dan sosial yang dikelola Badan Eksekutif Mahasiswa Kedokteran, i) Free WiFi j) Aula k) Mushola l) Sarana olahraga (badminton, basket, tennis, futsal), dll m) Kantin
Kebijakan dan Prasyarat Admisi (Admission Policy, Criteria and Procedure) : ::

Profil Lulusan (Graduate Profile) : ::
Lulusan fakultas kedokteran program studi pendidikan dokter universitas wahid hasyim, meliputi : Praktisi/klinisi, Pendidik dan Peneliti, Agen Perubah dan Pembangunan Sosial, Religius.