Kota Semarang , Jawa Tengah MENOREH TENGAH X / 22
WA 085100785578WA 085100785578 Hubungi Kami
pmb@unwahas.ac.id email pmb unwahas
Kode prodi seo : 0201







Profile Program Studi Ilmu Politik

Informasi Profil Program Studi Ilmu Politik

AKREDITASI PROGRAM STUDI :
Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) secara resmi berdiri pada 8 Agustus 2000 dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 124/D/0/2000, bersamaan dengan berdirinya Unwahas. Program Studi Ilmu Politik FISIP Unwahas menerima mahasiswa untuk pertama kali pada September 2000. Program Studi Ilmu Politik FISIP Unwahas terakreditasi Peringkat B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Keputusan BAN-PT Nomor 2122/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/2020.
Tujuan Program Pendidikan (Educational Aims of the Program) :

Materi yang dipelajari (Course Content) :
Keilmuan dan keahlian yang akan diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Politik S-1 Ilmu Politik FISIP Universitas Wahid Hasyim mencakup bidang ilmu politik berbasis pemikiran politik, perbandingan politik, pemerintahan daerah, politik lokal, dan penguatan institusi lokal, dan bidang lain yang sesuai dengan keilmuan dalam Ilmu Politik. Keilmuan tersebut memiliki keterkaitan dan konstelasi dengan Ilmu Politik pada jenjang S-2 yang akan dikembangkan pada masa yang akan datang. Dengan demikian bidang keilmuan yang diselenggarakan menjadi bekal yang memadai untuk meneruskan studi ke strata yang lebih tinggi (S-2). Pada lingkup yang lebih luas, keilmuan dan keahlian tersebut juga berhubungan dengan bidang serumpun (rumpun Sosial Humaniora) yang terdiri dari Ilmu Politik: Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ketahanan Nasional, Ilmu Komunikasi, Studi Kebijakan, Jurnalistik, Filsafat dan Studi Kepemerintahan dan Ilmu Sosial: Studi Pembangunan, Hukum, Sosiologi, Antropologi, Geografi, Perencanaan Kota, Perencanaan Wilayah dan Pedesaan, Kewirausahaan, Psikologi, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Kesejahteraan Sosial, dan Sejarah. Ilmu Penunjang Lainnya: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pengelolaan Lingkungan.
Profil Perencanaan Lulusan (Graduate Profile) :
Birokrat yaitu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mampu menjalankan tugas-tugas birokrasi pemerintahan; Legislator, yaitu Anggota Legislatif atau Tenaga Ahli yang mampu melakukan fungsi legislasi, di antaranya: merancang dan menyusun peraturan perundang-undangan, menganalisis anggaran, dan pengawasan kebijakan; Konsultan Sosial Politik yaitu konsultan atau fasilitator yang mampu menganalisis dan menemukan solusi permasalahan sosial politik dan pemerintahan dengan menggunakan metode komunikasi dan negosiasi; Akademisi Politik yaitu pengajar atau pendidik bidang politik dan pemerintahan terkait teori-teori politik dan pemerintahan yang berhubungan dengan kekuasaan yang berkembang di level masyarakat maupun negara; Peneliti Politik yaitu peneliti yang mampu melakukan penelitian permasalahan politik dan pemerintahan serta mempublikasikan hasil penelitiannya dalam forum ilmiah atau penerbitan ilmiah; Analis Politik yaitu analis yang mampu melakukan analisis permasalahan politik dan pemerintahan dengan menggunakan pendekatan ilmiah.
Kompetensi Lulusan:
Sarjana Ilmu Politik yang dihasilkan oleh Program Studi Ilmu Politik FISIP Unwahas akan memiliki kompetensi sesuai KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia).
Metode pembelajaran dan Asesmen (learning method dan asesment): ::
Metode pembelajaran yang dipakai terdiri dari salah satu atau gabungan metode diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain. Metode pembelajaran itu diwujudkan dalam satu atau gabungan dari bentuk pembelajaran sebagai berikut: Perkuliahan tatap muka kelas; Diskusi; Seminar; Praktikum di Lapangan; dan Penelitian
Struktur dan Persyaratan Program (Program Structure and Requirement) : ::

Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa (Support for Student) : ::

Kebijakan dan Prasyarat Admisi (Admission Policy, Criteria and Procedure) : ::

Profil Lulusan (Graduate Profile) : ::
Lulusan SMA / MA / SMK yang mendaftar melalui sistem penerimaan mahasiswa baru pada laman pmb.unwahas.ac.id. Persyaratan pendaftaran berupa dokumen cetak atau salinan meliputi: a) Ijazah atau surat keterangan lulus b) Rapor per semester untuk calon mahasiswa baru c) Transkrip nilai untuk mahasiswa transfer d) Surat keterangan atau sertifikat kegiatan dan prestasi e) KTP, KK, dan data diri penting lainnya.