Kota Semarang , Jawa Tengah MENOREH TENGAH X / 22
WA 085100785578WA 085100785578 Hubungi Kami
pmb@unwahas.ac.id email pmb unwahas
Kode prodi seo : 0401







Profile Program Studi Agribisnis

Informasi Profil Program Studi Agribisnis

AKREDITASI PROGRAM STUDI :
Terakreditasi B SK Nomor : 2870/SK/BAN-PT-Akred/S/XII/2016 Gelar lulusan (Final Award) : Sarjana Pertanian (S.P.) Ijin Penyelenggaraan : SK Dirjen Dikti No : 106/DIKTI/KEP/1984 Nomor SK Izin Operasional (*) : 3902/D/T/K-VI/2009 Tanggal SK Izin Operasional : 17 November 2009
Tujuan Program Pendidikan (Educational Aims of the Program) :
Tujuan Program Pendidikan 1. Menghasilkan lulusan dalam bidang agribisnis yang mempunyai kualifikasi sebagai berikut: a. Beriman, bertaqwa, berpengetahuan, berkemampuan, berketrampilan (teori dan praktek), berintegritas dan berjiwa wirausaha. b. Bersifat terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi, maupun masalah-masalah dihadapi, khususnya berkaitan dengan pelayanan langsung di bidang keahliannya. c. Menerapkan ilmu dan teknologi yang dimiliki sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan yang produktif serta pelayanan kepada masyarakat. d. Menguasai dasar-dasar ilmiah agar mampu berpikir, berkarakter, dan bertindak sebagai ilmuwan. 2. Menghasilkan ilmu dan teknologi, mengembangkan pusat-pusat penelitian dan pengkajian ilmu dan teknologi yang inovatif dan produktif bagi pengembangan pertanian terpadu dan berkelanjutan. 3. Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu dan teknologi bagi pengembangan masyarakat dalam rangka mendorong sistem pertanian yang terpadu dan berkelanjutan. 4. Mengembangkan institusi yang mampu mewujudkan lingkungan belajar mengajar, penelitian, pengabdian yang kondusif, efektif, produktif, dengan pendekatan learning by doing. 5. Mengembangkan jejaring institusi yang meliputi pemerintah, perguruan tinggi lain, dunia usaha (swasta) dan masyarakat
Materi yang dipelajari (Course Content) :

Profil Perencanaan Lulusan (Graduate Profile) :

Kompetensi Lulusan:

Metode pembelajaran dan Asesmen (learning method dan asesment): ::
Metode Pembelajaran dan Asesmen 1. Menggunakan metode diskusi kelas dengan cara menyampaikan presentasi makalah kemudian dibahas. 2. Kegiatan praktikum beberapa mata kuliah berlokasi di lembaga mitra yang mempunyai fasilitas lebih lengkap, misalnya proses penyadapan karet dan pembuatan karet di PTP. Nusantara IX maupun Kantor BMKG. 3. Kegiatan praktikum menggunakan metode dengan cara mengadakan penelitian kecil terhadap materi kuliah yang dipelajari. 4. Mengadakan observasi dan wawancara langsung terhadap obyek dilapangan, misalnya pengusaha mikro maupun kecil. 5. Mengadakan penyuluhan kepada obyek dilapangan, misalnya kelompok tani. Beberapa matakuliah menggunakan strategi pembelajaran secara Team Teaching untuk memperkaya informasi dan referensi yang diperoleh mahasiswa.
Struktur dan Persyaratan Program (Program Structure and Requirement) : ::
Struktur dan Persyaratan Program Kurikulum Program Studi Agribisnis terdapat mata kuliah muatan lokal sebanyak 52% total sks yang mencerminkan kebutuhan masyarakat daerah terdekat dan mata kuliah yang menunjukkan ciri khas lembaga adalah Aswaja dan kewirausahaan yang bertujuan menciptakan lulusan yang mampu mengembangkan diri dengan jiwa Aswaja dan enterpreunership. Program Studi Agribisnis menawarkan mata kuliah pilihan sejumlah 21 SKS. Sedangkan mahasiswa diwajibkan mengambil mata kuliah pilihan minimal sebanyak 9 SKS, tentunya sesuai dengan minat dan kemampuan keuangan. Mata Kuliah pilihan ditawarkan kepada mahasiswa dengan tujuan mahasiswa dapat memperoleh materi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan penelitian maupun kewirausahaan yang ditekuni serta mendukung bidang pekerjaannya.
Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa (Support for Student) : ::
Fasilitas Bagi Mahasiswa Laboratorium Multimedia, Laboratorium Biologi ,Laboratorium Kewirausahaan Laboratorium Micro, Green House, Perpustakaan, Kandang Percobaan, Kolam Terpadu, Perpustakaan, bimbingan dan Konseling, dsb.
Kebijakan dan Prasyarat Admisi (Admission Policy, Criteria and Procedure) : ::
Siswa dari Lulusan SMA (semua Jurusan) SMK, MA, MAK, Paket C, atau pesantren yang sudah disetarakan dengan SMA/K
Profil Lulusan (Graduate Profile) : ::
Lulusan di Prodi Agribisnis berpeluang untuk menjadi praktisi atau operator di bidang agribisnis (field manager, organizer), bekerja sebagai birokrat (PNS, perancang kebijakan, planner), akademisi (pendidik, peneliti, pengkaji, konsultan, pelatih, assesor, evaluator, dsb), fasilitator pengembangan agribisnis (perkoperasan, perbankan, inovator, komunikator, kooperator, mediator, fasilitator, inisiator, kreator, dan sebagainya). Lulusan juga bisa berwirausaha di bidang agribisnis, bekerja sebagai marketing and promotion agent, ekspor impor, institusi keuangan yang menyediakan jasa permodalan agribisnis, pengrajin di bidang agribisnis, kolektor tanaman hias dan pengamat, pemerhati, dan penulis di bidang agribisnis.