Kota Semarang , Jawa Tengah MENOREH TENGAH X / 22
WA 085100785578 Hubungi Kami
pmb@unwahas.ac.id email pmb unwahas







PARTISIPASI UNWAHAS DALAM JIHAD KEMANUSIAAN COVID-19

Unwahas kembali terlibat dalam kegiatan penanganan pandemi Covid-19. Bersama Pimpinan Pusat (PP) dan Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor, Unwahas turut berpartisipasi dalam distribusi masker di Jawa Tengah. Kegiatan GP Ansor, Kantor Staf Presiden dan Aice tersebut secara seremoni dilakukan di Taman Indonesia Kaya, Timur Kantor Gubernur Jateng Semarang Rabu 2-11-2020.

Gus Mujiburrohman mewakili Pengurus Pusat GP Ansor menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian Jihad Kemanusiaan yang telah dimulai sejak April 2020 melalui berbagai kegiatan. Gerakan Pemuda Ansor melakukan langkah kongkrit melalui berbagai humanitarian action. Jawa Tengah mendapat jumlah distribusi masker kesehatan terbanyak yaitu 5.000.000 yang juga diperuntukkan bagi korban banjir dan erupsi Merapi.

 Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo menyampaikan apresiasi atas upaya tersebut. Menurutnya pemerintah tidak bisa menangani Covid-19 sendiri, tetapi harus bersama dengan komponen bangsa yang lain termasuk secara dunia usaha, organisasi masyarakat, dan dunia pendidikan. Langkah nyata seperti itu disebutnya sebagai jihad yang kontekstual dengan kebutuhan rakyat. Secara khusus kepada Wakil Rektor III Universitas Wahid Hasyim Semarang, Assoc. Prof. Dr. H. Andi Purwono SIP MSi, Gubernur berharap agar dunia pendidikan turut menjaga protokol kesehatan di tengah trend kenaikan angka pasien Covid-19 dan agar masker medis juga bisa didistribusikan kepada masyarakat sekitar kampus.

Andi menyatakan kesiapan Unwahas untuk berpartisipasi dalam distribusi. Sejak Maret 2020, Unwahas memang telah beberapa kali melakukan upaya sosialisasi dan pencegahan penyebaran virus Corona serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat seperti penyerahan sembako dari dosen dan pegawai dan Yayasan Wahif Hasyim, distribusi sembako bersama Baznas Jateng, dan alat pelindung diri APD oelh mahasiswa. Bahkan organisasi alumni yakni Keluarga Alumni Unwahas (Kawah) juga terlibat banyak dalam kegiatan bantuan kemanusiaan serupa, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan pihak lain.

Wakil Dekan Fakultas Hukum Gus Dr. H. Sidqon Prabowo SH MH yang juga pengurus Wilayah GP Ansor Jateng membenarkan hal itu dan menyatakan Kawah beberapa kali telah bekerja sama dengan GP Ansor Kota Semarang. Menurutnya masker medis tersebut akan didistribusikan kepada civitas akademika Unwahas dan masyarakat sekitar kampus. Hal senada dikuatkan oleh Taslim Syahlan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng yang juga dosen FAI Unwahas.

by. Admin PMB
Kamis , 03 Desember 2020 , 20:19:37
views. 160